Sungai Telaga Waja vs Sungai Ayung

Sebagian besar wisatawan domestik saat berlibur di Bali akan memilih berlibur dengan mengunjungi pantai pasir putih seperti pantai Pandawa di Kutuh Bali. Selain wisata pantai, saat ini semakin banyak wisatawan domestik yang menggemari wisata petualangan di pulau Bali.

Ada 2 jenis wisata petualangan yang disukai wisatawan domestik yaitu:

  • Watersport Tanjung Benoa.
  • Bali Rafting Tour.

Khusus dihalaman ini, saya akan menuliskan tentang wisata arung jeram di Bali, sehingga bagi yang berminat untuk mengikuti wisata Bali rafting, setidaknya akan mendapatkan informasi mengenai sungai yang digunakan untuk wisata Bali rafting.

Pulau Bali memiliki tiga sungai yang memenuhi standar keamanan dan keselamatan wisata Bali rafting. Ketiga sungai tersebut antara lain:

  1. Sungai Ayung Ubud.
  2. Sungai Telaga Waja Karangasem.
  3. Sungai Melangit Klungkung.

Dari ketiga sungai diatas, hanya dua sungai yang terkenal dikalangan wisatawan asing maupun wisatawan domestik, yaitu sungai Telaga Waja dan sungai Ayung Ubud. Yang menjadi pertanyaan, diantara sungai Telaga Waja VS sungai Ayung Ubud, yang mana yang terbaik sebagai tempat rafting di Bali?

Pertanyaan mengenai sungai mana yang terbaik sebagai tempat rafting di Bali antara sungai Telaga Waja vs sungai Ayung, sangat susah untuk dijawab. Kami sering menanyakan kepada pelanggan kami yang pernah mencoba kedua sungai dan masing – masing pelanggan memiliki perbedaan dalam jawaban.

Ada yang mengatakan sungai Ayung Ubud terbaik untuk tempat rafting di Bali dan ada juga yang mengatakan sungai Telaga Waja terbaik untuk tempat rafting di Bali.

Kelebihan & Kekurangan Sungai Telaga Waja

  • Rafting di Sungai Telaga Waja yang terkenal dengan sebutan Telaga Waja rafting memili panjang 16 kilometer untuk rute rafting dan memerlukan waktu sekitar 2,5 jam untuk menyelesaikan 16 kilometer rute rafting. Sungai Telaga Waja lokasinya berada di kabupaten Karangasem yang berada di Bali bagian timur.

Kelebihan Sungai Telaga Waja

  • Panjang rute rafting 16 kilometer dengan durasi kurang lebih 2,5 jam, menjadikan sungai Telaga Waja memiliki rute terpanjang untuk wisata Bali rafting.
  • Akses yang sangat mudah dari lokasi loby ke lokasi bibir sungai, jadi tidak perlu menaiki atau menuruni anak tangga dalam jumlah banyak.
  • Klasifikasi sungai di kelas II-IV (Kelas pemula dengan jeram yang lebih menantang). Lihat disini untuk klasifikasi tingkat kesulitan sungai untuk rafting.
  • Area sungai Telaga Waja masih bebas polusi karena jauh dari daerah perkotaan dan industri.
  • Sungai Telaga Waja cocok untuk rafting yang bersifat rekreasi dengan sedikit tantangan.

Kekurangan Sungai Telaga Waja

  • Beberapa area sungai memiliki kedalaman air yang dangkal, hal ini dapat membuat perahu karet sering nyangkut di selah-selah batu.
  • Lokasi sungai Telaga Waja jauh dari pusat pariwisata di Bali yang sebagian besar berada di Bali bagian selatan. Jika anda berangkat dari tempat wisata Kuta Bali, akan memerlukan waktu kurang lebih 1 jam 40 menit untuk mencapai lokasi sungai Telaga Waja Karangasem.
  • Rute rafting yang panjang memerlukan stamina fit dan ada beberapa orang yang tidak menyukai rute rafting yang panjang.

Kelebihan & Kekurangan Sungai Ayung

Sungai Ayung berada di kawasan tempat wisata terkenal di Bali, yaitu tempat wisata Ubud. Untuk jarak rute rafting di sungai Ayung Ubud sekitar 10 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam – 2 jam.

Kelebihan Sungai Ayung Ubud

  • Lokasi sungai berjarak 20 kilomter dari pusat wisata Ubud. Jadi bagi yang menginap di kawasan wisata Ubud Bali, maka tidak akan menghabiskan banyak waktu liburan di dalam kendaraan.
  • Sangat cocok untuk pemula dengan tingkat kesulitan jeram di kelas II – III.
  • Pemandangan indah dan masih hijau dengan oranamen pahatan batu di sekitar tembok sungai Ayung.
  • Sungai Ayung Ubud cocok untuk rafting yang bersifat rekreasi.

Kekurangan Sungai Ayung Ubud

  • Akses dari lobby ke bibir sungai harus melewati turunan tangga yang lumayan banyak, serta akses dari bibir sungai ke lokasi restoran setelah selesai rafting juga harus menaiki jumlah anak tangga yang lumayan melelahkan.
  • Arus jeram yang kurang kuat sehingga bagi yang suka tantangan, terkesan kurang menantang.
  • Rute rafting sungai Ayung Ubud lebih pendek dari pada rute rafting sungai Telaga Waja.

Kesimpulan Sungai Telaga Waja vs Sungai Ayung

Lalu yang mana yang sungai terbaik di Bali untuk aktivitas arung jeram antara sungai Telaga Waja vs sungai Ayung?

Jika anda menginginkan wisata arung jeram yang lebih menantang, dengan rute rafting yang panjang, tidak ingin menaiki / menuruni anak tangga dalam jumlah ratusan untuk mencapai bibir sungai, atau mencapai lokasi tempat makan. Maka sungai Telaga Waja yang harus anda pilih.

Jika anda menginginkan wisata Bali rafting yang bersifat rekreasi, tidak ingin lama berada dalam mobil untuk mencapai lokasi rafting jika anda menginap di kawasan Ubud, suka dengan pemandangan pepohonan rimbun dengan ukiran pada dinding sungai, maka sungai Ayung Ubud sungai yang cocok untuk wisata Bali rafting anda.

Jadi yang mana sungai terbaik untuk wisata rafting di Bali antara sungai Telaga Waja vs sungai Ayung tergantung dari keinginan dan kebutuhan anda. Karena masing masing sungai memiliki kelebihan dan kekurangan.

Setelah anda mengetahui sungai mana yang akan anda pilih antara sungai Telaga Waja vs sungai Ayung, untuk aktivitas wisata rafting di Bali, maka anda juga harus perlu tahu perusahaan penyedia wisata arung jeram terbaik di Bali dalam hal pelayanan dan harga yang ditawarkan di masing-masing sungai antara sungai Telaga Waja vs sungai Ayung.

Perusahaan penyedia aktivitas arung jeram terbaik untuk sungai Telaga Waja, adalah Alam rafting. Karena menawarkan harga relatif murah tanpa mengabaikan faktor pelayanan, keselamatan dan keamanan peserta rafting.

Alternatif lain untuk perusahaan terbaik yang menyediakan wisata rafting di sungai Telaga Waja adalah Sobek rafting Telaga Waja, hanya harga yang ditawarkan lebih mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags: