Property Crowdfunding atau Pembelian Kolektif

Property crowdfunding adalah metode investasi properti dengan cara pengumpulan dana kolektif alias patungan. Dengan cara ini, kamu gak perlu membeli properti secara utuh.

Apa maksudnya?

Jadi misalnya harga properti yang dipengin seharga Rp 2 miliar, sedangkan kamu cuma memiliki uang sebesar Rp 20 juta. Nah, kamu bisa ikutan skema pembelian properti dengan memiliki satu persen aja dari nilai properti tadi.

Jadi istilah gampangnya itu, kamu bukan membeli properti, tapi persentase kepemilikannya. Ya sejenis pemegang saham gitu lah. Nilai imbal hasilnya nanti bakal kamu dapatkan dari hasil sewa bulanan properti tersebut.

Lalu gimana cara kerjanya?

Sebenarnya skema investasi properti kolektif itu udah marak banget diaplikasikan di luar negeri dengan memanfaatkan jaringan Internet. Indonesia pun gak pengin ketinggalan, kini udah ada kok yang menawarkan jasa ini di dunia maya.

Caranya juga gampang kok. Tahapannya sebagai berikut:

  • Kunjungi situs resminya
  • Pilih properti yang kamu pengin
  • Masukkan jumlah yang bakal kamu investasikan
  • Tunggu hingga dana pembelian properti kamu terkumpul dari calon investor lain

Nah, kalau udah terkumpul, kamu bakal diundang buat menghadiri rapat umum pemegang saham (RUPS). Saat rapat tersebut, kamu bakal dijelaskan mengenai imbal hasil yang bakal diperoleh setiap tahunnya.

Dari mana duitnya? Ya, dari hasil penyewaan properti kamu itu dong.

Lewat cara ini, kamu gak perlu repot memikirkan perizinan, pencarian tenant dan segala tetek benget lainnya. Semuanya bakal diurus oleh perusahaan yang bertindak sebagai fasilitator.

Jadi, kamu tinggal terima beres dan bersantai menunggu saldo rekening beranak pinak.

Ada minimum investasinya gak?

Ya tentu aja ada dong. Tapi gak gede kok. Kamu cuma perlu mengeluarkan uang minimal satu persen dari harga properti yang kamu pengin.

Jadi kalau harga propertinya Rp 2 miliar, berarti kamu cuma perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 20 juta aja. Kalau lebih mahal, ya tinggai dihitung aja sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *